Dalam membuat sebuah pembukuan atau dokumen dengan menggunakan banyak kotak memang sangat cocok dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Dalam aplikasi Excel banyak sekali rumus-rumus yang bisa kita gunakan secara otomatis. Dari sekian banyak fitur atau rumus yang ada pada Excel pada kali ini kami akan membahas bagaimana cara menginput data secara otomatis dengan menggunakan pilihan kata atau dengan kata lain menggunakan fitur Data Validation.
Baiklah sekarang kita langsung saja pada tutorial bagaimana cara menggunakan fitur Data Validation.
- Untuk langkah pertama buatlah database dengan memasukkan kata-kata yang ingin di input.
- Selanjutnya blog cell tersebut kemudian berikan nama cell tersebut untuk lebih jelas anda bisa lihat gambar dibawah ini.
- Jika sudah selesai kemudian tentukan dimana cell yang ingin anda input. Pada contoh dibawah ini kami menginput data validation pada cell A. Caranya bawa kursor pada cell A kemudian klik sehingga cell A akan terblok. Perhatikan gambar dibawah ini
- Selanjutnya pilih Data Validation
- Selanjutnya pada box Allow pilih List
- Kemudian pada box Source masukkan nama cell yang telah anda beri nama tadi dengan diawali kata sama dengan (=) kemudian klik OK dan lihat hasilnya
Demikianlah sedikit cara dari kami dalam membuat kata secara otomatis pada Excel dengan menggunakan fitur Data Validation semoga bermanfaat dan dapat menambah sedikit pengalaman baru dalam belajar Excel. Jika anda kurang mengerti dan fahami silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Terima Kasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusThanks yah sangat membantu buat saya yg sedang belajar Excel
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus